• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Tribun Pontianak

Listrik di Sanggau Pas-pasan

Selasa, 9 Juli 2013 17:17 WIB
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU - Manajer PLN Area Sanggau, Hendrik Erig memastikan semua sistie kelistrikan di Area Sanggau yang meliputi Sanggau, Sekadau, Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu dalam kondisi aman. Namun, untuk Kota Sanggau, pembangkitnya dalam kondisi sangat pas-pasan karena keterlambatan proyek PLTU Sungai Batu dan PLTGB Tayan.
“Dari sisi jaringan, kemungkinan padam tetap ada. Kondisi jaringan 3.700 KMS (kilo meter sirkuit), sebagian besar melalui jalur hutan dan perkebunan sehingga selalu ada kemungkinan gangguan dari pelepah kelapa, pohon tumbang, binatang, dan lain-lain,” jelasnya, Selasa (9/7/2013).
Untuk antisipasi kondisi itu, dijelaskan, telah disiapkan tim yang siap bergerak cepat jika diperlukan. Sanggau, dikatakan, panjang jaringan mencapai 1.300 KMS telah dilakukan pemeriksaan. “Khusus jaringan di Sanggau itu sudah kita lakukan pemeriksaan Minggu lalu, mudahan kondisi aman,” jelasnya.
Namun, ia memastikan secara umum dari sisi mesin pembangkit kondisi masih aman. Hanya, ia mengkhawatirkan, jika cuaca sangat panas atau hujan keras.
“Pada cuaca panas, daya mampu mesin turun karena udara atau mesin panas, sementara di sisi pemakaian listrik oleh pelanggan beban akan naik karena AC dan peralatan pendingin lainnya beroperasi maksimal,” jelasnya.
Sedangkan, jika kondisi hujan, menurutnya biasanya pohon tumbang ke jaringan. Jika demikian, dijelaskannya, maka biasanya terjadi pemadaman.
 
Penulis: Haryanto
Editor: Arief
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
147073 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas