Selasa, 25 November 2014
Tribun Pontianak

Gubernur Tandatangani Prasasti Rumah Betang

Selasa, 9 Juli 2013 12:55 WIB

Gubernur Tandatangani Prasasti Rumah Betang
Haryanto
Gubernur Kalbar, Drs Cornelis MH melakukan penandatanganan prasasti peresmian Roming Domu’ Ponoriu, pada Senin (8/7/2013) malam.

Citizen Reporter
Dian | Staf Humas Pemda Sanggau

GUBERNUR  Kalbar, Drs Cornelis MH melakukan penandatanganan prasasti peresmian Roming Domu' Ponoriu, pada Senin (8/7/2013) malam. Rumah Betang ini merupakan Sub Suku Dayak Pompank, Dusun Lintang, Kecamatan Kapuas. 

Ketua Panitia Pembangunan, Mgr Agustinus Agus mengatakan tujuan pembangunan Rumah Betang ini merupakan upaya untuk melestarikan budaya. Khususnya, untuk Sub Suku Dayak Pompangk yang di daerah Lintang Kapuas.

Bangunan ini panjangnya 51 Meter dan 12 meter. Adapun sumber dananya berasal dari bantuan Pemda Sanggau sebesar 100 juta serta swadaya masyarakat. "Ada partipasi masyarakat masing-masing keluarga sebesar Rp 450 ribu," ungkapnya.

Gubernur Kalbar sendiri mengatakan pembangunan Rumah Betang merupakan upaya pelestarian budaya khususnya suku Dayak. Untuk itu, pelestarian budaya sangat penting karena sebagai satu diantra jati diri bangsa. "Jika kita tidak berbudaya berarti kita tidak punya jati diri," jelasnya.

Penandantanganan itu juga disaksikan Bupati Sanggau, Wakil Bupati Sanggau, Ketua Panitia Pembangunan, unsur Forkompimda Sanggau serta Kepala SKPD di Sanggau.

Penulis: Haryanto
Editor: Jamadin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas