• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 31 Juli 2014
Tribun Pontianak

Gempa di Aceh Tengah Lenyapkan Desa Bah

Sabtu, 6 Juli 2013 21:33 WIB
Gempa di Aceh Tengah Lenyapkan Desa Bah
TRIBUN MEDAN/DEDY SINUHAJI
Sejumlah anggota tim SAR melakukan pencarian korban yang diduga tertimbun tanah longsor akibat gempa bumi di Desa Serempah Aceh Tengah, Jumat (5/7/2013). Gempa bumi berkekuatan 6,2 SR yang melanda Aceh Tengah mengakibatkan puluhan orang tewas hingga ribuan bangunan hancur. 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, GAYO - Jika dilihat secara kasatmata, Desa Bah, yang bertetangga dengan Desa Serempah, Kecamatan Ketol, Aceh Tengah sudah luluh lantak dan hilang ditelan gempa. Material longsor telah mengubur sebagian besar kawasan perbukitan itu.

Kini, Desa Bah yang hilang yang terlihat dari atas hanyalah antena TV atau parabola, sedangkan seluruh rumah di desa itu sudah hancur berantakan.

Di sela-sela puing reruntuhan itulah, lebih dari 20 aparat TNI dan Polri melakukan pencarian dan penggalian secara manual. Mereka mengandalkan cangkul dan sekop, tanpa anjing pelacak.

Regu TNI memang membawa seekor anjing. Tapi ternyata itu hanyalah anjing kampung tanpa kemampuan mengendus keberadaan mayat yang tertimbun puing. Kapolda Aceh berjanji akan mendatangkan beberapa anjing pelacak saat pencarian korban dilanjutkan hari ini.

Hingga hari ketiga Desa Bah memang belum berhasil ditembus regu perintis dan penyelamat, kecuali desa tetangganya, Serempah. Praktis baru Jumat (5/7/2013) pagi aparat TNI, Polri, dan Basarnas tiba ke desa yang tingkat kerusakannya paling parah itu. (Serambi Indonesia/ aan/gun/c35/dik/hs)

Editor: Arief
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas