• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Pontianak

Enam Pembalap Berpotensi Menang di Silverstone

Minggu, 30 Juni 2013 09:23 WIB
Enam Pembalap Berpotensi Menang di Silverstone
AFP/PETER PARKS
Pebalap Ferrari, Fernando Alonso

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Mayoritas tim peserta Formula satu tahun ini akan melakoni balapan kandang di sirkuit Silverstone, Inggris hari ini, Minggu (30/6/2013) WIB. Seluruh pembalap perlu berusaha keras untuk bisa meraih kemenangan di balapan seri kedelapan dalam kalender F1 itu.

Ada tujuh dari 11 tim yang bersaing di F1 musim ini bermarkas di Inggris. Tim-tim tersebut adalah Infiniti Red Bull-Renault, Lotus F1, Mercedes AMG Petronas F1, Sahara Force India, Williams F1, Caterham F1, dan Marussia F1.

Para pembalap dari tim asal Inggris itu siap menunjukkan kemampuan terbaiknya. Apalagi balapan di Silverstone termasuk balapan tertua dan cukup bergengsi di antara kalender balapan F1 tiap tahunnya.

Meski demikian, dalam catatan sejarah balapan di sana, Ferrari punya catatan bagus. Mereka telah merasakan kemenangan terbanyak dengan 15 kali kemenangan. Yang terakhir terjadi di 2011 berkat keberhasilan Fernando Alonso.

Sehingga Alonso pun tak mau kehilangan kesempatan untuk menang lagi. Mereka siap merebut kemenangan ke-16 buat Ferrari di Silverstone sekaligus mengejar ketertinggalan dari Sebastian Vettel di klasemen sementara.

Prediksi sebelum balapan, hanya ada enam pembalap disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk jadi pemenang grand prix F1 Inggris di Silverstone. Mereka yang potensial menang tersebut adalah Nico Rosberg, Kimi Raikkonen, Mark Webber, Sebastian Vettel, Alonso, dan Lewis Hamilton.

Alonso diperhitungkan sebagai calon pemenang di Silverstone musim ini karena dia telah berpengalaman menang di sana. Dia termasuk dalam empat pembalap yang pernah menang dalam empat tahun terakhir bersama dengan Mark Webber dan Sebastian Vettel.

Di samping itu, performanya dalam beberapa balapan terakhir menunjukkan bahwa Ferrari sering menjadi lawan kuat buat Red Bull. Pernah merasakan kemenangan di Silverstone 2007 dan performa yang konsisten selalu meraih poin pada musim ini membuat Kimi Raikkonen juga masuk sebagai unggulan di Inggris tahun ini.

Pembalap bernomor 7 di Lotus itu mungkin harus berjuang ekstra keras saat di Monaco dan Kanada, tapi di Silverstone, pembalap sekaliber Raikkonen pantas diperhitungkan.

Nico Rosberg adalah satu-satunya pembalap dari enam pembalap yang diunggulan bisa menang di Silverstone yang belum punya pengalaman menang di Inggris. Namun dia telah menunjukkan keperkasaannya di dua balapan terakhir, termasuk kemenangan yang diraihnya pada balapan di Monako.

Sebaliknya Mark Webber punya catatan manis di Silverstone. Dalam empat tahun terakhir, dia merebut dua kali kemenangan di sana. Pemenang balapan Silverstone 2012 itu juga memiliki kemampuan yang konsisten selalu menembus lima besar dalam tiga balapan terakhir.

Salah satu kunci keberhasilan Webber memenangkan balapan adalah pada saat dia bisa start di barisan terdepan dan menjaga agar mobil balapnya tidak tersalip.

Sedangkan Hamilton yang punya pengalaman jadi pemenang pada balapan di Silverstone tahun 2008 saat ini makin merasa cocok dengan mobil balap Mercedes. Dia bertekad untuk meraih kemenangan pertamanya buat Mercedes di tanah airnya.

Apalagi penggemar F1 Inggris saat ini cenderung lebih mendukung Hamilton yang punya peluang menang lebih besar daripada Jenson Button saat tim McLaren masih terpuruk di awal musim ini.

Dan yang tentu saja tidak bisa diabaikan dalam persaingan balap di Silverstone adalah Sebastian Vettel. Dia adalah pemenang F1 di Silverstone 2009. Sirkuit Silverstone juga sangat cocok dengan mobil Red Bull, sistem aerodinamis dari RB9 akan membuat mobilnya melesat cepat.

Juara dunia F1 tiga kali itu masih berada di jalur juara lagi tahun ini. Dia masih berada di puncak klasemen dengan keunggulan yang jauh dari rival terdekat (unggul telak 36 poin). Siapapun yang menang di Silverstone kali ini, posisi puncak klasemen dipastikan masih dikuasai Vettel.

Editor: Arief
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas