• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Bupati Sintang Gugah Nasionalisme Generasi Muda

Jumat, 28 Juni 2013 17:18 WIB
Bupati Sintang Gugah Nasionalisme Generasi Muda
TRIBUN PONTIANAK/MAD ROSID
Wakil Gubernur Kalbar, Cristiandy Sandjaya memipin penghormatan kepada para pejuangan Mandor dengan simbol sebuah tugu besar di Makam Juang Mandor, Landak, Jumat (28/6/2013). 

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Jajaran Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar Upacara Peringatan Hari Berkabung Daerah Kalimantan Barat di Halaman Kantor Bupati Sintang, Jumat (28/6/2013).

Peringatan Hari Berkabung Daerah ini momentum sangat penting guna menggugah kembali semangat nasionalisme generasi muda terhadap nilai patriotisme Pahlawan Kalbar.

Bupati Sintang Milton Crosby mengungkapkan tragedi Mandor selain semangat patriotisme terhadap Pahlawan Kalbar, juga menjadi pembelajaran pembelajaran generasi sekarang agar tidak lengah dalam mengisi pembangunan.

"Peristiwa ini sebenarnya dimulai pada tahun 1866 yang disebut Restorasi Meiji yang di canangkan Jepang dua tahun, setelah itu sehingga ketakutan Jepang terhadap Amerika melahirkan Restorasi Meiji. Jepang merasa kuat menjadi polisi di Asia timur dan masuk ke Indonesia termasuk kalimantan barat sehingga terjadi pembantaian besar besaran pada tokoh- tokoh Kalbar dari berbagai etnis untuk melemahkan pemberontakan kemerdekaan Indonesia," ungkap Milton usia upacara.

Sementara itu, dari pantauan Tribunpontianak.co.id, seluruh kantor instansi pemerintahan dan swasta di Kabupaten Sintang hari ini mengibarkan bendera setegah tiang, dan memasang spanduk mengingatkan pada publik tentang peristiwa Mandor Berdarah.

Editor: Arief
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas