Jumat, 28 November 2014
Tribun Pontianak

Jumlah Pemilih Perempuan di Kota Pontianak Menurun

Kamis, 16 Mei 2013 15:09 WIB

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Divisi data dan informasi dan hubungan partisipasi masyarakat dan dukungan antar lembaga (Hutla) KPU Kota Pontianak, Joni Rudwin mengatakan daftar pemilih perempuan Kota Pontianak mengalami penurunan dibanding pemilukada Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pontianak tahun 2007.

"Daftar pemilih saat ini sebanyak 50,89 persen atau dari total  452 ribu pemilih di Kota Pontianak, sekitar 250 ribu merupakan pemilih perempuan. Ini bahkan lebih banyak pada pemilu sebelumnya sekitar  0,8 persen atau jumlah sekarang  berkurang dari pilwako  lima tahun lalu yaitu sekitar 51,2 persen," ungkapnya ditemui saat kegiatan Ngobrol pemilu dan demokrasi 'Ngopi' di Kafe Corner Pontianak, Kamis (16/5/2013).

Berdasarkan  Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang disinkronkan dengan data pemilih terakhir pada Pilgub Kalbar 2012 sehingga secara didapat angka sekitar 450 ribu jiwa pemilih di Kota Pontianak yang harus diverifikasi ulang atau faktual.

Hal ini karena dalam prosesnya sendiri apakah pemilih yang terdaftar di data pemilih nasional itu mereka secara faktual masih berdomisili berada di Pontianak atau tidak.

"Jika masih berada di daerah pemilihan maka orangnya ada atau secara de facto yang bersangkutan secara jujur, namun kalau tidak lagi berdomisili di daerah pemilihan atau belum pindah tetapi data di KK  ada maka akan di konfirmasi ulang," ujarnya. 
Penulis: Dhita Mutiasari
Editor: Arief

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas