Jumat, 28 November 2014
Tribun Pontianak

Kesempurnaan Gambar Tentukan Juara Lomba Desain Poster

Jumat, 3 Mei 2013 15:02 WIB

Kesempurnaan Gambar Tentukan Juara Lomba Desain Poster
TRIBUN PONTIANAK/SAIFUL BAHRI
Peserta lomba desain poster khusyuk menggambar dengan diawasi juri lomba, Ihsan di SMAN 3 Pontianak, Jl WR Supratman, Pontianak, Jumat (3/5/2013).
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Ihsan, satu di antara tiga juri dalam lomba desain poster pada ajang Festival lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SLTA Provinsi Kalbar mengatakan, tiap peserta lomba terlebih dahulu menggambar di atas kertas karton. 

Menggambar, katanya, dapat memakai cat air, krayon, pensil warna, spidol dan lain sebagainya. "Usai digambar secara manual, kemudian gambar disempurnakan dengan tehnik digital. Hasil akhir karya akan diprint out dalam ukuran tertentu," jelas Ihsan kepada Tribunpontianak.co.id, Jumat (3/5/2013). 

Menurutnya, kemampuan pokok yang harus dimiliki peserta lomba yakni piawai atau berbakat menggambar secara manual. Sebab kesempurnaan karya, kendati melewati tahapan tehnik digital, ditentukan oleh gambar yang dibuat secara manual. "Kemampuan menggambar secara manual menentukan kualitas karya," katanya. 

Ihsan menambahkan, selain kesempurnaan gambar, kesesuaian gambar menjadi pertimbangan pokok dalam menentukan pemenang. 

"Jadi, gambarnya bagus dan sesuai dengan tema," imbuhnya.Seorang siswa tampak khusyuk menggambar di atas kertas karton. Spidol yang dipegangnya perlahan ia goreskan. Dengan badan agak membungkuk, ia padukan variasi warna di atas kertas. 

Sebelumnya diberitakan, 19 peserta lomba dari 14 kabupaten/kota di Kalbar yang unjuk gigi dalam lomba desain poster pada ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat SLTA Provinsi Kalbar yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar. 

Lomba desain poster itu berlangsung di SMAN 3 Pontianak, Jl WR Supratman, Kecamatan Pontianak Selatan, Jumat (3/5/2013). 

Penulis: Saiful Bahri
Editor: Arief

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas