Jumat, 28 November 2014
Tribun Pontianak

Akpol Buka Pendaftaran, Inilah Persyaratannya

Rabu, 24 April 2013 20:05 WIB

Akpol Buka Pendaftaran, Inilah Persyaratannya
NET
Taruna Akpol
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Polri kembali membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pemuda pemudi Indonesia. Sebanyak 300 orang untuk dididik menjadi Taruna Akpol Tahun Ajaran 2013 di Semarang selama empat tahun.

Kabid Humas Polda Kalbar, AKBP Mukson Munandar mengatakan dari 300 orang yang akan dididik terdiri dari 250 Pria dan 50 Wanita. "Nantinya akan dididik menjadi Taruna Akpol Tahun ajaran 2013 di Semarang selama empat tahun," ungkap Mukson, Rabu (24/4/2013).

Ia menjelaskan pendaftaran dilaksanakan melalui online melalui website www.penerimaan.polri.go.id yang dibuka pada 24 April 2013 s/d 21 Mei 2013.

Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran secara online agar datang ke Polda Kalbar untuk melakukan verifikasi serta menerima nomor Polda dengan membawa persyaratan nomor ID registrasi online, KK, akte kelahiran, semua ijazah dan transkip nilai, SKCK, surat keterangan dari dokter puskesmas setempat. Syarat itu asli dan fotokopinya yang telah dilegalisir.

Sementara itu syarat lainnya untuk raport dan surat keterangan bagi yang masih duduk di bangku SMA, pas photo berwarna ukuran 4x6 dan 3x4 masing-masing 3 lembar dengan latar belakang merah.

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi warga negara Indonesia, pria dan wanita usia minimal 16 Tahun dan maksimal 21 pahun pada saat dibuka pendidikan tanggal 1 Agustus 2013.

Sehat jasmani dan rohani dibuktikan surat keterangan dari institusi kesehatan. Tidak pernah dipidana, melakukan sesuatu kejatanan dibuktikan surat keterangan dari polres setempat). Pendaftar juga harus bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI dan bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas pokok Polri.

Persyaratan lainnya berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS dengan ketentuan sebagai berikut: Bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata ujian nasional minimal 8 dan nilai rata-rata ujian nasional minimal 7,25 s/d 7,99 harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan toefl diatas 500.

"Bagi yang berusia 17 tahun s/d 21 tahun memiliki nilai rata-rata ujian nasional minimal 7,25," ujar Mukson.


Bagi lulusan tahun 2013 (yang masih kelas III) menggunakan nilai rapor kelas III semester 1 dengan ketentuan bagi yang berusia kurang dari 17 tahun nilai rata-rata minimal 8.

Bagi yang berusia 17 s/d 21 tahun nilai rata-rata minimal 7.25. Setelah dinyatakan lulus seleksi agar menyerahkan ijazah.

Tinggi badan minimal dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku pria 165 cm, Wanita 163 cm. Belum pernah nikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan. Bersedia menjalani ikatan dinas pendek selama 10 tahun, memperoleh persetujuan dari orangtua/wali.

Pada saat mendaftar telah berdomisili di wilayah Polda tempat pendaftaran minimal 1 tahun yang dibuktikan dengan KTP setempat dan atau KK bagi yang sedang menempuh pendidikan.

 Bagi yang berkerja tetap sebagai pegawai/karyawan/anggota Polri, mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi satker yang bersangkutan dan bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima dan mengikuti pendidikan Akpol. Seleksi penerimaan harus mengikuti dan lulus pemeriksaan dan ujian dengan sistem gugur.

Rekruitmen Penerimaan Taruna Akpol ini mengambil motto "Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis " artinya masuk polisi tidak dipungut biaya. Untuk lebih jelas tentang syarat penerimaan ini dapat menghubungi ruang Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PID) Polda Kalbar atau melihatnya di www.penerimaan.polri.go.id.

Terkait penerimaan pendaftaran Akpol, Mukson mengatakan untuk tidak percaya dengan adanya oknum-oknum yang mengatasnamakan pihak polisi maupun masyarakat yang menjanjikan dapat meloloskan peserta yang mendaftar.

"Jadi tidak ada satupun yang dapat meloloskan dan apabila ada oknum yang menjanjikan dan meminta uang untuk tidak percaya dan melaporkannya untuk dapat ditindaklanjuti," katanya.
Editor: Arief

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas