Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Pontianak

Warga Tak Masuk DPT, Bisa Nyoblos dengan KTP

Rabu, 27 Maret 2013 21:43 WIB

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SUKADANA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) KKU membuat keputusan terkait Pemilihan Umum Kepala Daerah Kayong Utara yang akan dilaksanakan Kamis (28/3/2013).

Bagi masyarakat yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) dapat melakukan pencoblosan dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Daftar Pemilih Sementara (DPS) dapat menggunakan KTP dan KK yang masih berlaku.

Menurut Ketua KPU KKU, Dedy Efendy hal ini dilakukan menindaklanjuti amar putusan Mahkamah Konstitusi nomor 85/PUUX/2012 tanggal 13 maret 2013 tentang petunjuk teknis setiap pemilukada bahwa KTP dan KK dapat digunakan kalau tidak terdaftar di DPT.

"Mahkamah Konstitusi menyatakan, setiap pemilih yang tidak terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) dapat menyalurkan suara dalam pemilihan kepala daerah dengan menggunakan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga, yang masih berlaku," ungkapnya, Rabu (27/3/2013).

Menurutnya penyebarluasan kepada masyarakat langsung ditujukan kepada penyelenggara ditingkap PPS dan KPPS dan informasi sudah cukup beredar dimasyarakat.

"Petunjuk teknis harus diketahui ketua KPPS karena yang bersentuhan dengan warga," katanya.

Adapun beberapa hal teknis yaitu warga negara Indonesia yang tidak terdaftar dalam DPT, DPS, DPSHP akhir, dan DP4 dengan syarat menunjukkan KTP dan Kartu Keluarga (KK) yang masih berlaku atau nama sejenisnya.

Selain itu penggunaan hak pilih tersebut hanya dapat dilakukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai dengan alamat yang tertera di dalam KTP-nya.

"Sebelum menggunakan hak pilihnya, yang bersangkutan terlebih dulu mendaftarkan diri pada KPPS setempat,"

Ia menambahkan pemberian suara dilakukan dalam waktu sebelum selesainya pemungutan suara di TPS minimal pendaftaran sebelum satu jam penutupan pemungutan suara.
Editor: Arief

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas