Pilbup Kayong Utara

KPU Musnahkan 112 Lembar Surat Suara

Pemusnahan ini harus dilakukan dan dimusnahkan sebelum hari pemilihan. Jadi pemusnahan ini disaksikan oleh pihak kepolisian serta Panwaslu,

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SUKADANA - Sebanyak 112 lembar surat suara dimusnahkan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Kayong Utara (KPU KKU) disaksikan instansi terkait baik Panitia Pengawas Pemilu (Panswaslu) KKU serta pihak kepolisian, Selasa (26/3/2013) sore.

Menurut Ketua KPU Kayong Utara, Dedy Efendy mengatakan pemusnahan terhadap surat suara tersebut karena adanya kelebihan surat suara Pemilukada Kayong Utara tahun 2013 yang telah setelah disortir sebanyak 112 lembar sehingga harus dilakukan pemusnahan agar untuk mencegah terjadinya penyimpangan.

"Pemusnahan ini harus dilakukan dan dimusnahkan sebelum hari pemilihan. Jadi pemusnahan ini disaksikan oleh pihak kepolisian serta Panwaslu," ungkapnya.

Menurutnya dari 112 surat suara yang dimusnahkan terdapat beberapa surat suara yang rusak sehingga tidak layak dan tidak dapat digunakan saat pencoblosan nantinya.

"Yang rusak sebanyak sembilan lembar. Kerusakan itu seperti buram dan adanya sobek sehingga tidak dapat digunakan. Sedangkan 103 surat suara merupakan kelebihan sehingga tidak dapat digunakan dan harus dimusnahkan," katanya.

Terkait jumlah surat suara yang dipersiapkan dan sudah dilakukan pendistribusian yaitu sebanyak 70.630 sesuai dengan data Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan untuk jumlah surat suara cadangan yang dipersiapakan 2,5 persen dari jumlah DPT disetiap TPS.

Editor: Arief
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help