Mangkuk Antik Rp 21,6 Miliar

Setelah berkonsultasi dengan ahli keramik, ternyata mangkuk itu merupakan mangkuk keramik antik bernilai tinggi

Mangkuk Antik Rp 21,6 Miliar
UPI.com
Mangkuk antik dari Dinasti Song
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, NEW YORK - Barang yang sudah tidak pakai, akan menjadi sampah bagi pemiliknya. Namun bagi orang lain itu adalah barang berharga. Sebuah keluarga di New York, yang tidak disebutkan namanya, iseng membeli sebuah mangkuk seharga beberapa dollar AS pada tahun 2007. 

Mangkuk itu dibeli di sebuah acara bersih-bersih barang yang sudah tidak terpakai lagi dari sebuah rumah. Setelah berkonsultasi dengan ahli keramik, ternyata mangkuk itu merupakan mangkuk keramik antik bernilai tinggi yang berasal dari Dinasti Song Utara di Cina. Usianya pun sudah lebih dari 1.000 tahun.

Setelah mengetahui mendapatkan barang berharga, pemiliknya melelang mangkuk itu di balai lelang Sotheby's. Pada awalnya, Sotheby's memperkirakan dapat menjual mangkuk itu pada kisaran harga 200.000-300.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,9 miliar-Rp 2,9 miliar.

Ternyata, seorang pedagang barang antik dari London rela merogoh koceknya dan membayar mangkuk itu seharga 2,225 juta dollar AS atau sekitar Rp 21,6 miliar.

Sotheby's mengatakan hanya mengetahui ada satu mangkuk lain yang hampir identik dan berukuran sama, yakni berdiameter 12,7 sentimeter, seperti mangkuk itu. Mangkuk dengan ukuran serupa itu sudah menjadi koleksi British Museum di London selama lebih dari 60 tahun. (Reuters/UPI/joe)

Editor: Arief
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved