Jumat, 28 November 2014
Tribun Pontianak

Inflasi Desember Capai 1,2 Persen

Selasa, 1 Januari 2013 19:17 WIB

Inflasi Desember Capai 1,2 Persen
IST
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Perwakilan Bank Indonesia Kalimantan Barat memprediksikan laju angka inflasi Kalbar pada akhir tahun, Desember 2012 Kota Pontianak akan mengalami inflasi pada kisaran 0,8 persen hingga 1,2 persen.

Peneliti Ekonomi Muda Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalbar, Dhika Arya Perdana, mengatakan inflasi yang diperkirakan pada kisaran 0,8-1,2 persen pada Desember. Masih sejalan dengan hasil kesepakatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Pontianak pada awal tahun 2012 yang menetapkan inflasi Kota Pontianak pada level maksimal 7 persen.

"Di tahun mendatang kerjasama TPID harus lebih ditingkatkan mengingat banyaknya faktor pendorong inflasi yang harus dihadapi di antaranya kenaikan TDL dan UMP. Pengendalian inflasi pada level yg stabil akan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih berkualitas, ujarnya kepada Tribunpontianak.co.id.

Dhika memaparkan, inflasi tahun berjalan Kota Pontianak hingga bulan November 2012 sebesar 5,47 persen (ytd). Sebagian besar kontribusi inflasi hingga November bersumber dari kelompok bahan makanan, kelompok perumahan, dan kelompok transportasi.

Sementara hasil pantauan harga kebutuhan pangan di 4 pasar tradisional kota Pontianak oleh tim dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kalimantan Barat hingga minggu keempat bulan Desember menunjukkan bahwa harga sebagian besar bahan pangan cenderung meningkat dibandingkan bulan November 2012.

Pada kelompok bahan pangan pokok, dari 6 jenis beras yang dipantau, kenaikan harga terbesar terjadi pada beras lokal yaitu sebesar 5,32 persen. Belum masuknya masa panen padi lokal menyebabkan stok beras lokal di pasar terbatas, sementara permintaan tetap stabil, jelasnya.

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas