Minggu, 19 April 2015

13 Kecamatan Sanggau Rawan Banjir

Kamis, 27 Desember 2012 21:45

13 Kecamatan Sanggau Rawan Banjir
TRIBUN PONTIANAK/HADI SUDIRMANSYAH
BANJIR LANDAK - Kondisi banjir yang merendam wilayah di Kabupaten Landak, Rabu (26/12/2012)

Karena, pada Desember-Januari, diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas tinggi sehingga berpotensi untuk banjir.

Pihaknya, saat ini sudah mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan bencana termasuk banjir yang melanda. Menurutnya, hampir seluruh kecamatan di Sanggau ini berpotensi untuk terjadinya banjir.

"Ia, biasanya memang hampir seluruh kecamatan di Sanggau ini rawan banjir, kecuali Parindu dan Entikong. Tapi, memang biasanya tidak semua desa, ada desa-desa tertentu terutama yang dekat dengan aliran sungai," ungkapnya, Kamis (27/12/2012).

Dikatakannya, beberapa kecamatan yang rawan banjir seperti Kapuas, Tayan Hulu, Noyan, Meliau, Jangkang, dan beberapa kecamatan lainnya.

Namun, dikatakannya, selain intensitas hujan di Sanggau, air kiriman dari daerah hulu seperti Kapuas Hulu, Sintang biasanya juga menyebabkan banjir di Sanggau.

"Biasanya kalau daerah hulu banjir, kita juga kena karena air kiriman itu merambat ke Sanggau baik melalui Sungai Kapuas, Sungai Sekayam dan beberapa sungai lainnya," jelasnya.

Untuk itulah, pihaknya sudah memerintahkan jajarannya untuk terus memantau perkembangan di beberapa wilayah terkait persoalan itu. Sehingga, pihaknya bisa siaga jika terjadi musibah banjir di Sanggau.

Halaman12
Penulis: Haryanto
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas