• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribun Pontianak
Home » Budaya » Dayak

IboST ke-2 Resmi Digelar

Jumat, 5 Oktober 2012 22:17 WIB
IboST ke-2 Resmi Digelar
TRIBUN PONTIANAK/LEO PRIMA YUDHA
LOMBA SUMPIT - Muchlis, siswa SMPN 3 Singkawang menunjukkan kemampuannya menyumpit, pada International Borneo Sumpit Tournament, di halaman Museum Kalbar, Jumat (5/10/2012). Tribun Pontianak/Leo Prima
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Meski Kota Pontianak sebelumnya sempat diguyur hujan, tidak menyurutkan semangat para peserta  lomba sumpit Internasional  yang berasal dari berbagai daerah baik di Kalimantan Barat  maupun Internasional dalam mengikuti pembukaan  International Borneo Sumpit Tournament (IboST) yang digelar di halaman Museum Kalbar, Jumat (5/10/2012).

Menggunakan pakaian adat tradisional daerah masing-masing  peserta yang berasal dari berbagai daerah di antaranya daerah se-Kalimantan, DI Yogyakarta, Malaysia dan Brunei  ini terlihat antusias mengikuti rangkaian pembukaan.

Sementara acara  yang merupakan hasil kerjasama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalbar dan Disbudpar Kota Pontianak  dalam meningkatkan promosi destinasi pariwisata Kalimantan Barat serta melestarikan tradisi budaya sumpit sebagai salah satu olahraga tradisional  ini digelar mulai 5 hingga 7 Oktober 2012.

Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) M. Farid Murtolo mengungkapkan  pihaknya sangat mengapresiasi kota Pontianak sebagai tuan rumah pelaksanaan  kompetisi olahraga tradisional sumpit  atau yang dikenal sipet ini.

"Lomba sumpitnya itu sendiri bukan utamanya, tetapi sebagai atraksi makanya persyaratan untuk mengikuti lomba sumpit ini adalah performance peserta dalam kemampuannya menampilkan budaya lokal khususnya dayak sebagai kebudayaan berkembangnya sumpit.  Sementara respon masyarakat kota Pontianak sangat positif,"   paparnya.

Kota Pontianak yang dinilai  kota yang dinamis  dalam pelalaksanaan  event ini. Sebagai even promosi ia berharap imbasnya tidak hanya pada satu wilayah tetapi juga berdampak pada daerah lainnya khususnya di Kalimantan tempat berkembangnya olahraga sumpit ini.

Dia mengatakan kegiatan International Borneo Sumpit Tournament  merupakan satu event  promosi berskala internasional yang memadukan pariwisata dan olehraga guna mendorong pergerakan kunjungan Wisman baik melalui lintasan kawasan ASEAN maupun lintas perbatasan.

"Arus kunjungan wisman ke Kalimantan Barat melalui pintu masuk darat Entikong mencapai 25 ribu orang atau kisaran 0,33 persen dari jumlah kunjungan wisman ke Indonesia sebanyak 7,6 juta orang pada tahun 2011. Saya sedih perbandingan Wisman ke Indonesia melalui Entikong jauh lebih sedikit dibanding  WNI ke luar melalui Entikong , dimana perbandingannya 1; 26, sehingga kita butuh daya tarik," paparnya.
Penulis: Dhita Mutiasari
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
31113 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas