Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Pontianak

FIM Targetkan Sentul Tuan Rumah Moto GP

Jumat, 27 Juli 2012 19:21 WIB

FIM Targetkan Sentul Tuan Rumah Moto GP
NET
Sirkuit Sentul
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Keberanian industri otomotif di Indonesia untuk masuk jadi sponsor di ajang MotoGP seperti di tim Yamaha, Honda hingga di kelas Moto2 melalui tim Gresini Racing, memang patut diacungi jempol. Selain membuat Indonesia jadi lebih terkenal di mata dunia, juga membuat anggapan bahwa industri otomotif khususnya sepeda motor yang paling menguntungkan saat ini adalah di negara Indonesia.

Tapi sayang, meski menjadi sponsor kuat di tim-tim pabrikan di MotoGP, Indonesia tetap saja tidak bisa masuk dalam kategori penyelenggara MotoGP. Satu-satunya sirkuit yang sering menggelar ajang balap dunia yaitu Sentul International Circuit (SIC), masih jauh dari layak untuk menyelenggarakan kejuaraan balap sekelas MotoGP.

Meski demikian, pihak FIM (Fédération Internationale de Motocyclisme) sebagai badan tertinggi balap motor dunia dan Dorna Sports (promotor MotoGP), tetap menargetkan penyelenggaraan MotoGP di Indonesia untuk beberapa tahun ke depan.

"Dalam beberapa waktu ke depan, paling tidak dua atau tiga tahun lagi, kami akan mulai fokus pada penyelenggaraan balap di luar Eropa. Alasannya jelas, yaitu krisis ekonomi yang berkepanjangan di Eropa. Sekarang Dorna Sports bekerja keras untuk menyelenggarakan MotoGP di Brazil dan Amerika Selatan. Kemudian ada juga India lalu ke Indonesia," ujar Vito Ippolito selaku President FIM.

"Mungkin juga akan diberlakukan sistem rotasi dalam penyelenggaraan MotoGP. Sekarang kita tinggal menunggu, proses untuk menjadikan penyelenggaraan balap itu jadi kenyataan. Tapi sekarang sudah jelas, bahwa sudah banyak negara yang meminta untuk penyelenggaraan MotoGP di luar Eropa," yakinnya. (otosport.co.id)
Sumber: Otomotif Net

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas