• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 18 September 2014
Tribun Pontianak

Bayi Lahir Tanpa Kepala di Pinrang

Kamis, 26 Juli 2012 14:44 WIB
Bayi Lahir Tanpa Kepala di Pinrang
Tribun Medan/Arifin Al Alamudi
Syahrani (10 bulan), bayi yang lahir tanpa batok kepala bersama orangtuanya, Rabu (18/1/2012). Hari ini mereka akan diberangkatkan ke Jakarta untuk pengobatan.
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PINRANG - Seorang bayi laki-laki tanpa tengkorak kepala, hidung, telinga, mata dan mulut, lahir dalam kondisi sehat dengan berat badan 2,6 kilogram di Rumah Sakit Lasinrang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Rabu (25/7/2012) kemarin sekitar pukul 21.35 Wita.

Anak pasangan suami istri Agus (22) dan Rostina (23), warga Wakka, Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang, juga memiliki bagian tubuh mirip tanduk di bagian atas, di mana seharusnya batok kepala berada.

"Ia lahir dengan normal dan lancar, hanya saja ketika bayi itu keluar, bokong yang muncul terlebih dahulu, " kata Nurmudia di ruang persalinan Kamis (26/7/2012).

Menurut dia, usia kandungan sang ibu pun telah cukup bulan. Setelah lahir, bayi tersebut dilarikan ke ruang resasitasi. "Semua bayi yang lahir komplikasi dilarikan ke tempat perawatan bayi itu untuk mendapatkan penanganan khusus," katanya.

Nurmudia menerangkan, selama mengandung, Rostina tidak pernah melakukan pemeriksaan, termasuk tidak pernah melakukan USG.

Dokter di Rumah Sakit Lasinrang, Syahrir mengatakan bayi yang baru lahir itu dalam kondisi sehat, namun tidak memiliki beberapa alat indera seperti mata, hidung, dan telinga serta mulut yang tidak normal. "Karena lahir tanpa tengkorak kepala bagian belakang, itu sebabnya isi kepalanya terburai " jelas Syahrir.

Isi kepala bayi ini, kata Syahrir, rawan akan mengalami infeksi dan tulang yang menyerupai tanduk itu adalah tulang rahang yang menonjol, "Kalau potensi hidup anak ini sangat tipis untuk bertahan," ujarnya.

Syahrir menduga, selama kehamilan ibu tersebut sering mengonsumsi obat obatan, sehingga dalam janin mengalami kelainan.

Sementara, Agus orang tua bayi tersebut mengatakan, selama proses kehamilan isterinya tidak menunjukkan tanda tanda ada kelainan pada janin yang dikandung. "Semuanya berjalan normal seperti wanita hamil lainnya," ucap Agus lirih.
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
19621 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas