Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Pontianak

Pindah Kabupaten, Haruskah Rekam e-KTP Lagi?

Rabu, 11 Juli 2012 10:01 WIB

Pindah Kabupaten, Haruskah Rekam e-KTP Lagi?
ANTARA/M AGUNG RAJASA
Warga menjalani perekaman retina mata dalam pembuatan e-KTP di Kelurahan Gondangdia Jakarta, Rabu (7/9/2011). Menurut data Disdukcapil DKI Jakarta baru 172 dari 267 kelurahan melakukan pemanggilan warga untuk pendataan e-KTP.
BUN, Tolong tanyakan ke Disdukcapil. Saya ini warga Pontianak, saya sudah merekam E-KTP. Lalu rencana saya sekeluarga mau pindah ke Landak habis tahun baru ini.

Yang saya tanyakan apakah saya perlu merekam e-KTP lagi di Kabupaten Landak dan bagaimana caranya saya pindah dari Kota Pontianak di Kabupaten. Atas perhatiannya saya ucapkan semoga Tribun makin jaya.

081345572xxx


Jawab:

Urus e-KTP Lagi di Tempat Baru

SETIAP
penduduk Kota Pontianak yang sudah melakukan perekaman e-KTP dan hendak pindah ke Kabupaten lain misalnya Kabupaten Landak, tentunya masyarakat tersebut haruslah melakukan perekaman e-KTP kembali di kabupaten di mana Dia berdomisili.

Akan tetapi yang bersangkutan terlebih dahulu harus menunggu penerbitan e-KTP yang ada di Kota Pontianak. e-KTP yang sudah diterbitkan, akan segera kita informasikan di tingkat pusat bahwasanya yang bersangkutan akan melakukan pemindahan.

Dan pusatlah yang akan menghapus beberapa data misalnya alamat, kecamatan dan lain sebagainya. Sehingga ketika yang bersangkutan melakukan perekaman e-KTP di Kabupaten Landak maka tentunya data yang bersangkutan haruslah menyesuaikan data daerah dimana yang bersangkutan berdomisili.

Dan setiap adanya perpindahan ke daerah atau kabupaten Kota, e-KTP akan kita tarik sebagaimana semestinya sehingga tidak terdapat e-KTP ganda.

Adapun persyaratan perpindahan antarKabupaten yakni KK, KTP, surat pengantar RT, mengisi blangko perpindahan di tingkat kelurahan yang diteruskan ke kecamatan setelah di tingkat kecamatan maka yang bersangkutan melakakukan pengurusan di Disdukcapil Kota Pontianak.

Dan sepanjang persyaratan yang diperlukan lengkap, penyelesaian suarat pindah tidak membutuhkan waktu yang lama, serta tidak dikenakan biaya. Terimakasih

Wagino S Sos
Kabid Pelayanan Kependudukan Disdukcapil Kota Pontianak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas