• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Danpusterad Pantau TMMD di Balai Karangan

Kamis, 31 Mei 2012 11:06 WIB
Danpusterad Pantau TMMD di Balai Karangan
ISTIMEWA
PANTAU TMMD - Komandan Pusat Teritorial AD Mayjen TNI Indra Hidayat melakukan pemantauan kegiatan TMMD yang dilaksanakan di Desa Semongan Kecamatan Balai Karangan Kabupaten Sanggau, Rabu (30/5/2012)
Citizen Reporter
Danpusterad Pantau TMMD di Balai Karangan
Oleh: Mayor Kav Eddy Wijaya (Kapenrem 121 ABW)


Komandan Pusat Teritorial AD (Danpusterad) Mayjen TNI Indra Hidayat, melakukan Pengawasan dan Evaluasi (Wasev) TMMD Ke-88 di Kodim 1204/SGU, Rabu, (30/5/2012). Rombongan Danpusterad tiba di Kecamatan Balai Karangan tepat Pukul 12.15.Wib setelah menempuh perjalanan dari Pontianak.

Turut dalam rombongan Danpusterad, Waaster Kasdam XII/TPR, Letkol Inf. Arie Subekti, Kabag Bhakti TNI Sdirbinter Pusterad Letkol Czi. Matraa Triassa serta Pabanda Bhakti TNI Sterdam XII/TPR, Mayor Kav. Aristoteles Lawitang. Rombongan disambut oleh Dandim 1204/Sgu Letkol Czi. Ade Heri Kurniawan, Kasiterem 121/Abw Letkol Inf. Hardi Dharmawan, Danyonif 305/Tengkorak Letkol Inf. Elkines Vilando, mewakili Muspida Kabupaten Sanggau, Staf Ahli Bupati Bidang Perekonnomian dan Pembangunan, Ronny Fauzy, Wakil Ketua DPRD Sanggau H. Andi Darsuddin SE, Kepala Bea Cukai Entikong, Muspika  Balai Karangan dan tokoh-tokoh masyarakat Entikong.

Setelah melakukan makan siang dan solat zuhur, rombongan Danpusterad, Dandim 12104/Sgu, Danyonif 305/Tengkorak dan Muspida bergerak menuju sasaran TMMD Ke-88 yaitu di Dusun Semongan Kec. Noyan. Jarak tempuh sejauh 38 Km, dicapai dengan waktu tempuh 2 jam dikarenakan akses jalan yang dilalui rusak.

Tepat pukul 15.20 Wib rombongan tiba di Dusun Semongan. Ratusan masyarakat dusun yang saat itu kebetulan masih dalam suasana Gawai Dayak, menyambut meriah kedatangan Danpusterad beserta rombongan.

Sebagaimana layaknya tradisi yang lazim dilakukan dalam menyambut tamu, Danpusterad juga mengikuti tradisi penyambutan tamu dengan ritual Adat Dayak yaitu menginjak telur dan potong umpang.

Setelah itu Danpusterad langsung meninjau pembangunan gereja di Dusun Semongan yang dibuat dengan permanen konstruksi beton dan merupakan salah satu sasaran TMMD. Danpusterad menyempatkan berdialog dengan personil dan masyarakat yang sedang bergotong royong membangun gereja tersebut.

Kegiatan selanjutnya Danpusterad menerima laporan Dandim 1204/Sgu sebagai Dansatgas TMMD Ke-88 Wilayah Kodim 1204/Sgu mengenai progresivitas pelaksanaan TMMD Ke-88. Setelah menerima paparan Dandim, Danpusterad memberikan sambutan kepada personil yang terlibat dalam TMMD, juga masyarakat yang hadir pada kegiatan yang berlangsung di Tenda Posko TMMD.

Danpusterad menyampaikan ucapan terima kasih kepada personil yang terlibat juga seluruh masyarakat setempat yang telah saling bekerja sama dalam melakukan berbagai kegiatan dalam TMMD Ke-88 di Dusun Semongan. Danpusterad mengharapkan agar kerjasama yang baik tetap terjalin terus sebagai wujud kemanunggalan TNI dan Masyarakat.

Khusus kepada masyarakat setempat, Danpusterad berpesan agar seluruh hasil yang dilakukan dalam TMMD ini nantinya dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, dan juga masyarakat dapat memeliharanya sehingga nilai guna pakai dari hasil TMMD Ke-88 dapat dinikmati dalam jangka waktu yang lama.

Pada kesempatan tersebut juga, mewakili Masyarakat, salah satu perangkat Desa semongan bernama Lavonius mewakili masyarakat mengucapkan ribuan terima kasih kepada pihak TNI yang telah memilih Dusun Semongan, Dusun Ngira dan Dusun Mabit sebagai sasaran TMMD Ke-88.

Dimana selama ini wilayah-wilayah tersebut merupakan daerah terisolir, akses masuk hanya berupa jalan setapak, tetapi saat ini telah dibuka jalan yang lebar dengan kelebaran 6 meter sehingga kendaraan roda empat dapat masuk guna mengangkut hasil pertanian masyarakatnya.

Selesai melaksanakan pertemuan, sekitar Pukul 16.10 Wib, Danpusterad melanjutkan peninjauan beberapa sasaran TMMD seperti pembukaan jalan akses antara Semongan dan Ngira yang bervolume 6x8,2 Km, peningkatan jalan berupa Rabat Beton jalan dusun Ngira dan beberapa sasaran lainnya.

Pukul 17.10 WIB rombongan kembali menuju Balai Karangan untuk melakukan istirahat dan pada malam harinya Danpusterad melakukan istirahat di Entikong dengan sebelumnya menyinggahi para prajurit yang sedang bertugas sebagai Satgas Pamtas RI-Malaysia di Pos gabma Entikong. Direncanakan Kamis  (31/5/2012) pagi ini rombongan Danpusterad akan kembali menuju Pontianak. (*/sbs)
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas