• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Milton: Minat Baca Masyarakat Rendah

Selasa, 15 Mei 2012 19:54 WIB
Milton: Minat Baca Masyarakat Rendah
IST
Milton Crosby
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINTANG - Buku adalah jendela dunia. Jika ingin melihat dunia maka bacalah buku. Budaya gemar membaca kerap kali disampaikan Bupati Sintang, Milton dalam sejumlah pertemuan, bahkan merupakan satu diantara dari lima budaya yang menjadi imbauannya.

"Dengan membaca, akan begitu banyak pengetahuan yang didapatkan. Berbagai informasi dan perkembangan dunia, bisa didapatkan oleh seseorang dari membaca buku,"  ungkap Bupati Sintang Milton Crosby, saat membuka kegiatan penyuluhan minat di Gedung Pancasila, Selasa (15/5/2012).

Budaya gemar membaca, menurut Milton merupakan prilaku yang perlu dikembangkan dalam kehidupan sehari-hari, karena minat baca adalah sebuah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Kebiasaan gemar membaca ini perlu ditumbuhkembangkan di semua kalangan dalam masyarakat, terlebih anak-anak sejak dini," ajaknya.

Ditingkat ASEAN pun, minat baca anak Indonesia relatif lebih rendah. Badan Internasional yang konsen pada evaluasi pendidikan (IAEE) pada tahun 1992 dalam sebuah studi kemampuan membaca murid-murid SD kelas IV pada 30 negara di dunia, disimpulkan bahwa Indonesia menempati posisi ke 29, diatas negara Venezuela yang menempati posisi paling terakhir.

"Rendahnya minat dan kemampuan membaca  anak-anak Indonesia ini berpengaruh pada kekurangmampuan mereka dalam penguasaan bidang ilmu pengetahuan dan matematika," terangnya.
Editor: Jamadin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
16775 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas