• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Senam BL Membentuk Tubuh

Kamis, 10 Mei 2012 10:09 WIB
Senam BL Membentuk Tubuh
senam
Senam
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Lizza Setiawati SP MSi, seorang branch manager yang berkecimpung di konsultan lingkungan, selalu berusaha berolahraga agar bisa hidup sehat. Satu di antara olahraga yang ia tekuni adalah senam body language (BL). Senam ini menjadikannya hidup terasa lebih sehat dan berenergi. Sejak 1996, sewaktu masih menyelesaikan S1 di Fakultas Pertanian Universitan Tanjungpura (Faperta Untan), kegiatan senam body language dilakoninya.

Wanita berjilbab ini mengatakan, di dalam senam body language termasuk ke dalam katagori senam aerobik. Jika diperhatikan secara seksama gerakan senam BL adalah kombinasi dari beberapa jenis senam termasuk senam pernafasan, senam jazz dan senam balet. "Senam BL mengutamakan gerakan yang melatih kelenturan dan pembentukan otot untuk menghasilkan bentuk tubuh yang indah dengan fleksibelitas yang baik di samping menjaga stamina tubuh," katanya, belum lama ini.

Dikatakan, bagi yang ingin memperindah bentuk tubuh, maka senam body language, merupakan jawabannya. Karena di senam BL itu mengutamakan gerakan-gerakan untuk kelenturan dan pembentukan otot tubuh. "Selain itu, bila senam ini dilakukan dengan benar dan tepat, maka akan mendapatkan hasil dengan bentuk tubuh yang indah, dengan kelenturan yang baik, selain untuk menjaga stamina," kata Lizza

Wanita S2 tamatan IPB jurusan Pengolahan Sumberdaya Lingkungan ini menambahkan, dengan melakukan kontraksi pada bagian-bagian pinggul dan perut, maka akan meningkatkan kekuatan otot perut, bokong, hingga otot-otot dasar rongga panggul. Bahkan senam BL juga berguna untuk bagian sensitive kewanitaan serta rahim agar tetap berada dalam posisinya.

"Senam ini sangat bagus kalau dilakukannya secara rutin. Boleh setiap hari atau tiga kali dalam sepekan. Biasanya untuk satu kali senam, dilakukan dalam waktu 30 menit saja. Dengan fungsi untuk mengubah lemak menjadi otot, dengan begitu badan akan jadi lebih berbentuk," tandasnya.

Lizza menambahkan, untuk senam BL akan berdampak bagi bentuk tubuh seperti lengan, dada, perut, paha, panggul, payudara, serta bagian tubuh lainnya. Selain manfaat dasarnya untuk kesegaran tubuh, BL juga bisa mengatasi kelebihan berat badan. "Jika mereka yang memiliki masalah berat badan, alangkah baiknya melakukan senam BL minimal tiga kali sepekan. Selain itu kombinasikan dengan senam aerobik yang dilakukan dua kali dalam sepekannya," jelasnya.

Dikatakan Lisa, olah pernapasan yang menjadi faktor utama senam BL. Senam BL harus benar-benar diikuti sesuai dengan yang dicontohkan instruktur. Karena di dalam senam ini memerlukan power, supaya manfaat dan hasil dari senam BL itu bisa sempurna.

"Kalau tidak serius, 10 tahunpun tidak akan akan berhasil. Karena untuk BL manfaatnya untuk meningkatkan kebugaran, meningkatkan kekuatan tubuh tanpa membuat tubuh lebih kekar. BL bisa memperbaiki postur tubuh, meningkatkan keseimbangan dan kelenturan tubuh. Tetapi yang utama BL menciptakan keseimbangan antara jiwa dan raga," kata Lizza.
Editor: Jamadin
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
16591 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas