Jumat, 28 November 2014
Tribun Pontianak

5 Kapal Hibah Kalbar Belum Diambil

Jumat, 27 April 2012 12:58 WIB

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Sebanyak lima kapal sitaan dari nelayan asing yang dihibahkan ke berbagai pihak, belum diambil oleh penerimanya. Mahalnya biaya modifikasi diperkirakan menjadi alasan kenapa kapal hibah itu belum diambil di Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pontianka.            

Kepala Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Pontianak Bambang Nugroho, Jumat (27/4/2012) mengatakan, kelima kapal itu merupakan sitaan dari nelayan China yang tertangkap di sekitar Laut China Selatan.

"Kelima kapal itu sudah dihibahkan ke Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Institut Pertanian Bogor, Pemerintah Provinsi Gorontalo, dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Namun, sampai sekarang belum diambil," kata Bambang.

Kapal-kapal itu berbobot sekitar 300 ton. Modifikasi masih perlu dilakukan agar familiar dengan nelayan atau kelompok nelayan di Indonesia.

Spesifikasi mesin yang digunakan tidak sama dengan kebanyakan kapal nelayan Indonesia. Posisi kemudi dan interior kapal juga berbeda sehingga sulit dipergunakan oleh nelayan Indonesia yang tidak terbiasa.  (*)
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas