• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Sempat Hilang, Satelit Envisat Ditemukan

Senin, 23 April 2012 22:58 WIB
Sempat Hilang, Satelit Envisat Ditemukan
Satelit Envisat
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PARIS - Pada 8 April 2012 lalu, Badan Antariksa Eropa atau European Space Agency (ESA) kehilangan kontak dengan satelit Envisat, satelit terbesar yang digunakan untuk kepentingan sipil. Envisat memiliki berat 8.000 kg serta dimensi 9 x 5 meter, tidak termasuk panel suryanya.

Sejak hilang kontak dengan Envisat, ESA telah meminta bantuan kepada komunitas internasional untuk mendeteksi keberadaannya. Beberapa satelit, seperti milik Perancis dan Jerman, turut menyelidiki keberadaannya.

Kini, kondisi dan keberadaan Envisat berhasil diketahui oleh satelit milik Badan Antariksa Perancis (CNES), Pleiades. Pleiades berhasil menangkap citra Envisat dengan detail pada 15 April 2012, saat dua satelit tersebut berpapasan dan terpisah sejauh 100 km.

"Kami sangat berterima kasih pada CNES karena telah memberi tawaran untuk menangkap citra Envisat menggunakan satelit Pleiades dan Spot miliknya," kata Volker Liebig, Direktur Program Observasi Bumi ESA, seperti dikutip Space, Sabtu (21/4/2012).

Citra Envisat dimanfaatkan untuk mengetahui apakah panel surya-nya yang berukuran 5 x 14 meter menghadap ke arah yang tepat. Jika menghadap ke arah yang benar, maka mungkin Envisat berada pada posisi "safe mode". Jika demikian, maka besar kemungkinan Envisat bisa dihidupkan kembali.

Envisat diluncurkan pada tahun 2002. Satelit ini dilengkapi 10 instrumen, termasuk kamera dan radar. Lima tahun sejak peluncurannya, Envisat berhasil menuntaskan misi pertama menangkap citra Bumi secara detail.

Envisat direncanakan pensiun pada tahun 2013 dan akan digantikan oleh satelit monitor lain yang bernama Sentinel. Salah satu kelebihan Sentinel adalah peluang kemampuan memberikan informasi yang berguna untuk mitigasi efek perubahan iklim.

Saat ini, Envisat masih terus diamati. Diupayakan agar satelit ini tak jatuh ke Bumi. (SPACE.COM)
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
15479 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas