A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Lusiana Koleksi 700 Batu Mulia - Tribun Pontianak
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 20 April 2014
Tribun Pontianak

Lusiana Koleksi 700 Batu Mulia

Kamis, 5 April 2012 09:24 WIB
Lusiana Koleksi 700 Batu Mulia
TRIBUN PONTIANAK/ KEN ARNOLY
Lusiana menunjukan ratusan batu koleksi miliknya, Senin (2/4/2012), saat ini Lusiana memiliki sekitar 700 batu koleksi yang didapatkanya dari berbagai wilayah
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Lusiana (38), wanita asal Anjungan ternyata memiliki hobi unik yakni mengoleksi ratusan batu baik batu mulia atau permata, batu akik maupun fosil. Hobi ini ia lakoni sambil mengurus usaha rumah makan miliknya di Jl Pak Kasih Nomor 46 Pontianak.

Hobi ini rupanya turun dari sang ayah. Sejak 1960, Lusi sapaan akrabnya terbiasa melihat sang ayah membeli batu-batu mulia dari para penjual yang datang dari berbagai daerah.  

"Waktu kecil saya sempat bingung, dari mana-mana saja orang datang ke rumah untuk menjual batu-batu ke Bapak. Sekarang saya pun bisa mendapatkan koleksi batu-batu sendiri, bahkan ada juga dari India," ujar Lusi ditemui Tribun di tempat usahanya, Senin (2/4/2012).

Seiring berjalannya waktu, Lusi ikut terpana pada pesona akan nilai, warna dan eksotisme batu mulia dari alam ini. Sekitar tahun 2000 ia mulai mengumpulkan satu demi satu batu berharga ini. Tak terasa, koleksinya kini mencapai 700 jenis batu mulia. Batu-batu ini ia dapatkan dari berbagai daerah seperti Kapuas Hulu, Ketapang dan Banten.

"Dari ratusan batu, zambrud merupakan koleksi yang paling mahal. Saya beli sekitar Rp 5 juta. Ada lagi batu yang dijadikan liontin berbentuk burung cendrawasih. Di tangan saya saja sudah berkisar 40 tahun. Belum di tangan orang pertamannya. Mungkin sudah puluhan tahun umurnya," jelas Lusi.

Batu berharga lainnya yang dimiliki Lusi yakni rubi, zamrud, blue safir, kecubung, padar besi, topas, yakut, baiduri bulan, king safir, cake ai, badar lumut, zabar jat, mata kucing, pos pon yang harganya berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 5 juta.

"Untuk keseluruhan, duit yang telah keluar sekitar Rp 500 juta ke atas. Bukan masalah harga sekarang yang di lihat, tetapi makna, keindahan dan nilai seninya. Bahkan kalaupun ada yang faham dan mengerti batu, ratusan juta pun pasti akan dikeluarhakan," katanya.

Menurutnya, ada nilai tersendiri dari batu yang dimiliki. Dikarakannya, sebagian orang percaya batu jenis rubi atau merah delima membuat orang yang memakainya lebih berwibawa. Orang itu di baluti rasa kasih sayang.

"Semua batu yang dari alam ini hidup dan mempunyai nyawa. Mengenai nilai mistik, tergantung orangnya, percaya atau tidak," katanya. (ken/Tribun Pontianak cetak)
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
14321 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas