Kapal Nelayan Pakai LPG

Mesin modifikasi itu adalah hasil inovasi tim Amin Ben-Gas (ABG) yang terdiri dari tujuh orang.

Kapal Nelayan Pakai LPG
dok
nelayan
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya berupaya meringankan beban sebagian warganya akibat dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Satu di antaranya dengan memasyarakatkan mesin perahu yang telah dimodifikasi sehingga bisa menggunakan bahan bakar bensin dan LPG.

Mesin modifikasi itu adalah hasil inovasi tim Amin Ben-Gas (ABG) yang terdiri dari tujuh orang. Nama tim ini diambil dari nama Amin yang merupakan penggagas tim. Kemudian dipadukan dengan Ben-Gas yang kepanjangannya adalah bensin dan gas.

Mesin modifikasi ini telah dua kali diuji coba oleh Pemkab Kubu Raya. Uji coba terakhir dilakukan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di perairan Sungai Kakap, Minggu (25/3/2012). Muda berkeliling di perairan Sungai Kakap dengan perahu bermesin modifikasi tim ABG.

Amin menjelaskan, mesin hasil inovasinya itu bisa mengirit bahan bakar hingga seperlimanya bensin. Hitungan ini jika bahan bakar itu dinilai dengan uang. "Jika dengan bensin kita mengeluarkan uang Rp 5 ribu, dengan LPG cukup Rp 1.000," jelasnya kepada Tribunpontianak.co.id, Minggu.

Ikuti kami di
Penulis: M Arief Pramono
Editor: Jamadin
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help