Senin, 22 Desember 2014
Tribun Pontianak

KPR Subsidi Rumah Rp 70 juta.

Sabtu, 24 Maret 2012 15:29 WIB

KPR Subsidi Rumah Rp 70 juta.
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Consumer Loans Bussines Office Bank Mandiri Pontianak Andry Polpoke mengatakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) adalah pinjaman bank untuk kepemilikan rumah tinggal, apartemen, ruko atau rukan melalui developer maupun non-developer. Selain itu Kredit KPR Multiguna Mandiri yaitu pinjaman bank dengan jaminan sertifikat rumah yang dananya dapat digunakan untuk keperluan apa saja sesuai kebutuhan nasabah.

Multi Guna mandiri terbagi menjadi multi guna reguler, take over, dan  multi guna top up. Sedangkan KPR terbagi menjadi KPR primeri (rumah baru), sekunderi (rumah seken), dan ada pula KPR take-over, yang artinya nasabah yang sudah mempunyai pinjaman KPR di tempat lain, dan ingin beralih ke Bank Mandiri, nasabah bisa take-over sekaligus dapat fresh money.

"Semua pinjaman memiliki fasilitas top-up (penambahan batas pinjaman) dengan syarat tidak pernah terlambat angsuran dan kalaupun terlambat paling lama lima hari. Serta take-over (pengalihan pinjaman) dari bank lain," ujar Andry pada Tribunpontianak.co.id, Kamis (22/3/2012).

KPR take-over di tempat lain sudah berjalan satu tahun itu bisa dipindahkan ke Bank Mandiri dengan suku bunga saat ini adalah 9 persen fiks 2 tahun. Nasabah juga diberikan kesempatan untuk memilih 8,8 persen fiks setahun, atau 9 persen fiks 2 tahun. Nasabah juga diberikan kebebasan untuk memilih satu atau dua tahun, yang penting dengan syarat pinjamannya di bank sudah berjalan setahun.

Ia mengatakan target Bank Mandiri Balikpapan dan Pontianak pertahunnya mencapai Rp 550 miliar dan telah terjadi peningkatan sebanyak 30 persen dari tahun sebelumnya. Namun ketentuan Bank Indonesia yang baru saat ini untuk tipe rumah yang di atas 70, sekarang tidak bisa lagi dengan DP 20 persen dan DP-nya minimal 30 persen. Akan tetapi untuk tipe rumah yang dibawah 70 masih dimungkinkan untuk DP 20 persen.

Tahun ini pemerintah kembali meluncurkan program KPR bunga subsidi atau fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) untuk kalangan bergaji rendah dan sudah berjalan di Bank Mandiri. Untuk KPR subsidi sudah berjalan, KPR subsidi harga rumah harus Rp 70 juta.

Andry mengatakan KPR FLPP saat ini diperuntukkan bagi PNS dan pegawai BUMN. Kalaupun diperuntukkan bagi keseluruhan kategorinya harus berpatokan pada developer yang sudah ditunjuk dari pemerintah untuk pembangunan rumah subsidi dan sudah ada 13 develover yang didaftarkan khusus untuk Pontianak.

Adapun persyaratannya untuk karyawan gajinya harus Rp 3 juta, dan slip gaji tiga bulan terakhir, surat keterangan bekerja, dan data pribadi, seperti KTP KK dan data agunan. Bagi masyarakat yang ingin mengajukan dapat menghubungi di 081352339931 dengan Awaaludin dan  081257656661 dengan Umi atau dapat langsung menghubungi Bank Mandiri di 767946.

Ia mengatakan saat ini minat masyarakat untuk kredit perumahan cukup tinggi. Saat ini kredit sudah ke arah rumah Rp 200 juta ke atas bahkan ada yang mencapai di atas Rp 1 miliar.
Editor: Jamadin

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas