• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Pontianak

Transportasi Udara Kalbar "Ngadat"

Senin, 27 Februari 2012 22:13 WIB
Transportasi Udara Kalbar
NET
Pesawat perintis di Kalbar yang beroperasi selama ini satu diantaranya Kalstar Aviation ini
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, KUBU RAYA - Sejumlah maskapai penerbangan lokal (perintis) Kalimantan Barat dipastikan tidak bisa terbang pada beberapa hari ke depan karena stasiun pengisian bahan bakar umum di bandara Supadio Pontianak, tidak memiliki stok avtur.
    
"Kita memang mengalami kesulitan untuk mendapatkan avtur yang menjadi bahan bakar utama pesawat karena tanker yang membawa persediaan avtur untuk Kalimantan Barat mengalami kerusakan. Selain itu kondisi cuaca yang tidak mendukung juga mengakibatkan tanker tidak bisa masuk," kata Kepala SPBU Supadio Pontianak, Fahrul di Sungai Raya, Senin (27/2/2012).
    
Dia sendiri belum bisa memastikan kapan persediaan avtur di SPBU Bandara Supadio bisa terpenuhi karena pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan stok avtur tersebut bisa diperoleh kembali.

"Kami sudah menyurati Pertamina Pusat, dan meminta kapal tanker lainnya untuk membawa stok avtur ke Bandara Supadio, namun Pertamina belum bisa memberikan kepastian karena faktor cuaca masih menjadi kendala dalam penyalurannya. Yang jelas kita berharap avtur tersebut bisa segera datang sehingga tidak menghambat penerbangan lokal," katanya.

Sementara itu, General Manager PT. Angkasa Pura II Cabang Bandara Supadio Pontianak, Normal Sinaga mengatakan tidak tersedianya avtur di SPBU Supadio tidak terlalu berpengaruh pada jadwal penerbangan yang sudah ada.
    
Hanya saja kondisi tersebut akan berdampak pada penerbangan lokal seperti dari Supadio Pontianak menuju Sintang, Ketapang dan Kapuas Hulu.

"Sejauh ini baru bandara Supadio yang memiliki SPBU avtur di Kalbar. Jika stok avtur tidak ada, itu akan mempengaruhi penerbangan lokal dan bisa saja maskapai lokal tidak bisa menerbangkan pesawatnya, seperti yang terjadi hari ini. Salah satu maskapai terpaksa mengembalikan uang tiket kepada penumpang karena pesawatnya tidak bisa terbang," kata Normal.
    
Menurut dia lagi, untuk pesawat dari luar Kalimantan, tidak akan mengalami kendala. Namun dia menyarankan agar pesawat yang akan datang ke bandara Supadio Pontianak untuk mengisi penuh bahan bakar mereka.
    
"Untuk pesawat yang datang dari Malaysia, Jakarta atau Yogyakarta, sebaiknya mengisi penuh bahan bakar, karena kita juga tidak tahu kapan stok avtur di SPBU Bandara Supadio ada," kata Normal.
Sumber: Antara
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas