• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Pontianak

Sutarmidji Hobi Masak Gulai Hiu

Senin, 20 Februari 2012 09:22 WIB
Sutarmidji Hobi Masak Gulai Hiu
TRIBUN PONTIANAK/DOK
Wali Kota Pontianak, Sutarmidji
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, PONTIANAK - Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, tak hanya piawai sebagi kepala daerah tetapi juga terampil memasak. Bahkan Rizal, personel band Armada terkesan dengan peceni, masakan andalan Sutarmidji.

Sejak SMA Sutarmidji sudah pandai memasak, layaknya seorang ibu rumah tangga yang siap menyajikan makanan apapun untuk keluarganya. Tak jarang waktu libur dia pergunakan untuk bereksperimen di dapur, dan menuangkan idenya untuk menciptakan menu baru untuk anak dan istri.

"Hobi memasak tidak bisa kendur, kalau hobi yang lain mungkin bisa hilang, tapi untuk memasak tidak bisa. Saya senang nonton program life style di televisi seperti Farah Quinn dan Harmoni, melihat resep- resep masakan yang dibuat," ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (15/2).

Keterampilan memasak didapat berkat sering terlibat dalam aktivitas ibundanya, sebagai juru masak resepsi pernikahan. Sutarmidji mengaku hingga kini dia sering masak di rumah untuk santapan keluarganya di waktu luang, bahkan belanja bahan baku masakan juga dia lakoni sendiri.

Berkat kepiawaian memasak, Sutarmidji beberapa kali menjuarai lomba masak. "Masak apapun saya bisa. Gulai, kari, pindang, asam pedas, paceri nanas, rendang dan lain sebagainya. Tidak susah, karena saya memang hobi dan sering ikut bantu ibu memasak," katanya.

Banyak masakan yang biasa dibuat Sutarmidji. Tapi menu kegemaran keluarganya adalah gulai anak ikan hiu dengan bobot berkisar lima hingga tujuh ons. Menu ini dinilainya sangat jarang dimasak orang sehari-hari.

Ayah tiga anak ini mengatakan, biasanya ketika makan di restoran mengamati chef saat memasak. Ketika pulang ke rumah, dia sudah bisa membuat masakan itu di rumahnya.

Sutarmidji mengaku biasa membuat peceni, makanan yang jarang sekali dibuat orang lain. Peceni adalah masakan dari mangga muda yang diracik dengan bumbu tertentu, sehingga menjadi makanan lezat. Bahkan personel band Armada menggemari peceni.

"Rizal, personel Armada sampai minta dikirimkan peceni, karena pernah merasa peceni di rumah saya. Dia heran juga kok mangga bisa dibuat menjadi makanan," katanya.

Sutarmidji mengatakan keluarganya sangat menyukai masakan yang dibuat sendiri. Sangat jarang mereka beli makanan dari luar rumah. Sang istri biasa memasak sendiri untuk keluarga. Selain gulai ikan hiu, keluarga Sutarmidji gemar menyantap sup kepiting dan sup telur penyu. Akan tetapi anak-anaknya tidak suka peceni karena rasanya pedas.

Selain itu dia juga gemar memasak sup ubi kayu, yang dinilainya jauh lebih enak dibanding sup buntut. Apalagi sewaktu dihidangkan dilengkapi dengan jeruk, kecap, dan sambal.

Sutarmidji berpendapat, bagus bila laki-laki bisa memasak. "Harusnya memang bisa tahu semua. Sekarang ini tata rias pengantin, chef di restoran kebanyakan laki-laki," tutur Midji.

Dia mengatakan bisa menilai seseorang bisa masak atau tidak, dari caranya bekerja. Seperti cara mencuci ikan, dan memotong daging. Kalau memasak kepiting, pastikan jari-jari kepiting tidak terlepas dari badannya.

"Apabila dari caranya saja sudah salah, bisa dipastikan ia tidak bisa memasak dan rasa masakannya tidak enak," kata Midji. Menurutnya apabila memasak kepiting, perhatikanberarti ia tidak bisa memasak demikian pula dengan ikan dan daging. (Tribun Pontianak cetak)
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
11704 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas