Jumat, 31 Juli 2015

Untan-AS Jalin Kerjasama

Jumat, 17 Februari 2012 10:13

Untan-AS Jalin Kerjasama
Kompas/Agustinus Handoko

"Ada beberapa kerja sama yang akan direalisasikan dengan The Johns Hopkins School of Medicine tersebut dalam waktu dekat," kata Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Prof DR Thamrin Usman di sela-sela peresmian American Corner, Kamis (16/2/2012).

Di antaranya berupa bimbingan teknis dalam merumuskan kurikulum di bidang kedokteran. Kemudian, pertukaran antara mahasiswa dan dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura dengan perguruan tinggi yang terletak di daerah Baltimore, Maryland tersebut.

"Fakultas lain juga tengah menyiapkan kerja sama dengan perguruan tinggi luar negeri. Saat ini tengah dibuat desain besarnya seperti apa," ungkap Thamrin Usman.

Ia melanjutkan, Untan dan dunia pendidikan Amerika Serikat selama ini sudah terjalin kerja sama yang baik.

Menurut dia, ada sejumlah dosen di Untan yang pernah menempuh pendidikan di Amerika Serikat melalui berbagai program. "Sekarang, ada satu dosen yang masih menempuh pendidikan di negara itu," ujar dia.

Selain itu, kata Thamrin yang mengambil gelar doktor di Perancis itu, ada satu mahasiswa yang akan mengikuti pendidikan singkat di Amerika Serikat.

Duta Besar AS untuk Indonesia, Scot Marciel mengakui bahwa Untan telah menjajaki kerja sama dengan perguruan tinggi asal negara adi daya tersebut. "Pihak universitas di sini  sudah membicarakan peluang tersebut dengan universitas di Amerika Serikat," kata Scot Marciel yang hadir di Pontianak terkait peresmian American Corner itu.

Halaman123
Penulis: Dhita Mutiasari
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas