Sabtu, 20 Desember 2014
Tribun Pontianak

Cara Mengganti Sertifikat Hilang

Rabu, 18 Januari 2012 08:57 WIB

BUN, bagaimana caranya kalau sertifikat rumah hilang, sedangkan fotokopinya tak ada? Apa bisa diganti dan syaratnya apa? Terimakasih atas kebaikannya.
082155282xxx


Jawab:
Lapor Polisi Dulu

PEMBUATAN
sertifikat tanah yang hilang bisa dilakukan, apabila pemohon mengetahui nama pemegang hak, nomor hak yaitu nomor sertifikat dan letak objek atau lokasi tanah.

Sebaliknya, apabila pemohon tak tahu, pembuatan sertifikat ulang tak bisa dilaksanakn. Proses pembuatan sertifikat ulang, pertama pemohon harus membuat surat keterangan hilang dari Kepolisian.

Selanjutnya, silakan datang ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Jl A Yani dengan membawa persyaratan yang harus dilengkapi. Antara lain, identitas pemegang hak (KTP) yang sudah dilegalisir dan KTP penerima kuasa yang sudah dilegalisir.

Pemohon dapat mengajukan surat permohonan tanah (SKPT). Kami akan cek, apakah betul subjek (pemilik tanah) dan objeknya (letak tanah). Setelah itu pemohon dapat mengajukan sertifikat ulang dan langsung kami proses.

Bentuk pemprosesannya, pembuatan gambar, pengukuran, pernyataan (sumpah) oleh pemohon dan pengumuman melalui media cetak. Setelah pengumuman, dan tak ada sanggahan dari pihak-pihak lain, proses dinyatakan selesai.

Penyelesaian pembuatan sertifikat ulang selama bulan, dengan rincian sebulan proses administrasi dan sebulan proses pengumuman. Namun, apabila pemohon tak aktif dalam kehadiran saat proses pengajuan permohonan, lama penyelesaian tak dapat ditentukan.

Diharapkan pemohon yang mengajukan permohonan sertifikat ulang, aktif mengikuti proses yang ditetapkan.Terimakasih.


H Firdaus SH MM
Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah BPN

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas