Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Pontianak

Gepeng Kota Pontianak Meningkat

Sabtu, 7 Januari 2012 12:27 WIB

Gepeng Kota Pontianak Meningkat
TRIBUN PONTIANAK/ISFIANSYAH
Pengendara yang melintasi traffic light Sungai Raya Dalam mengeluhkan bertambah banyaknya gelandangan dan pengemis (gepeng) yang meminta-minta.
BUN, saya ingin bertanya. Kenapa Gepeng di Kota Pontianak makin banyak di warung kopi, di Jalan Gajah Mada, bahkan sampai ke rumah-rumah. Tolong tindakannya!
085345035xxx


Jawab:
Tiap Hari Kami Sisir

GELANDANGAN
dan pengemis (Gepeng) di Kota Pontianak sebetulnya mulai berkurang. Apabila tertangkap, mereka kami pulangkan. Memang masih ada Gepeng yang sering beroperasi di pasar-pasar tradisional, tapi Satpol PP tetap melakukan penyisiran tiap hari.

Gepeng yang sudah sampai di rumah-rumah, kebanyakan pada Hari Jumat. Mereka biasanya bukan Gepeng yang dikoordinir penampung, melainkan Gepeng yang memang biasa diundang untuk diberikan sodaqoh untuk pribadi, bukan dipekerjakan.

Awal tahun 2012 ini kami banyak menangkap Gepeng yang berkeliaran. Kamis (5/1/2012) kemarin, kami juga mengamankan empat orang dan akan dipulangkan ke daerahnya. Menghadapi Gepeng ini, kami bekerjasama dengan Dinas Sosial. Tiap Gepeng tertangkap, kami proses bersama dan ditindak (Tipiring).

Untuk penampung Gepeng, Tipiringnya cukup berat. Kami upayakan untuk dipidana umum, karena mempekerjakan orang lain untuk mengemis. Gepeng yang tertangkap juga kami berikan pendidikan selama sepekan.

Gepeng di Kota Pontianak saat ini banyak di daerah timur, sedangkan daerah lainnya berkurang. Kami sudah bekerjasama dengan tokoh masyarakat untuk menginformasikan, dan yang tertangkap di wilayah utara kami tahan di Polsek Utara.

Sedangkan untuk wilayah timur kami belum melakukan penahanan di Polsek. Kami terus mengupayakan agar Gepeng di Pontianak Timur dapat inapkan di Polsek, apabila tertangkap. Terimakasih.



Ir Syarif Saleh Alkadrie
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pontianak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas