Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Pontianak

Klaim Jamsostek Setelah 6 Tahun

Kamis, 15 Desember 2011 09:54 WIB

BUN, tolong tanyain ke Dinas Tenaga Kerja. Saya karyawan kontrak di suatu perusahaan, bekerja sudah 6 tahun dan ikut Jamsostek hampir 6 tahun. Kontrak yang lama sudah selesai dan diganti dengan kontrak yang baru ke penyalur tenaga kerja kontrak yang baru.

Saya mau tanyakan, apakah bisa saya klaim Jamsostek yang hampir 6 tahun, sedangkan kartu Jamsostek yang lama diteruskan dan diperpanjang kembali oleh perusahaan yang baru. Terima kasih.
085750004xxx


Jawab:
Tidak Bisa Kalau Disambungkan Baru

KARTU
Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja (Jamsostek) dari perusahaan lama, jika sudah diteruskan atau disambungkan ke perusahaan baru, maka dana Jaminan Hari Tua (JHT) tidak bisa dikalim atau dicairkan, meskipun sudah melebihi 5 tahun 2 bulan.

Saldo akan tetap bertambah berdasarkan lamanya menjadi peserta Jamsostek. Saldo dari perusahaan lama akan ditambahkan ke saldo perusahaan baru.

Apabila peserta Jamsostek yang kepesertaannya sudah melebihi 5 tahun 2 bulan dan mau mengklaim/mengambil JHT, disarankan kartu kepesertaannya tidak disambung atau dilanjutkan ke perusahaan baru/lain. Sehingga, dapat segera dicairkan.

Untuk kepersertaan Jamsostek baru pada perusahaan baru, maka masa klaimnya kembali seperti semula yaitu 5 tahun 2 bulan, sesuai yang diatur dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 1992 tentang klaim dana Jamsostek.

Apabila tidak disambungkan kartu kepersertaannya, minimal satu bulan setelah berhenti kerja sudah dapat diambil atau diklaim. Dana JHT semakin lama tidak diambil maka akan semakin bertambah saldonya. Terimakasih.

 
Zainudin
Kabid Umum dan Personalia Jamsostek Cabang Kalbar

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas