A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Balik Nama STNK Rp 542 Ribu - Tribun Pontianak
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 21 April 2014
Tribun Pontianak

Balik Nama STNK Rp 542 Ribu

Senin, 14 November 2011 09:29 WIB
HALO Tribun, tolong sampaikan ke Ditlantas Polda Kalbar, berapa sebenarnya biaya ganti STNK, nomor pelat, dan balik nama. Di Samsat Sambas saya dikenakan biaya Rp 542 ribu. Mohon penjelasan dari petugas berwenang, Terimakasih, Bun, atas bantuanya.       
081352258xxx


Jawab:
Jangan Mengurus Lewat Calo

BEA
balik nama (BBN) tergantung dari jenis kendaraan dan tahun pembuatannya, apakah kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Perbedaan tahun pembuatan tentunya juga akan berpengaruh pada biaya balik nama kendaraan.

Untuk balik nama, yang jelas harus bayar formulir. Untuk sepeda motor formulir STNK Rp 50.000 dan pelat Rp 30.000, sehingga jumlahnya Rp 80.000, yang dibayarkan ke BRI. Selain itu, masih ditambah dengan biaya asuransi dan BBN-nya.

Apabila kendaraan yang dimaksud adalah motor, maka tidak  mungkin biayanya sebesar yang disebutkan. Sedangkan untuk mobil, juga tergantung jenis mobil dan tahun terbitannya. emakin mahal harga mobil, maka akan semakin mahal BBN termasuk pajaknya.

Untuk di Samsat, masalah tarif tidak bisa dipermainkan karena sudah ada blangko dan harga juga sudah tertera sesuai dengan jenis dan tahun terbitan kendaraan. Apabila masyarakat membayar mahal, kita harus pertanyakan terlebih dahulu pengurusannya lewat siapa?

Kalau mengurus langsung tidak akan ada permasalahan, karena sudah jelas formulir dibayar di Bank BRI dan pajaknya dibayar di Bank Kalbar.

Biaya dibayar sesuai dengan Perda yang mengacu pada peraturan pemerintah dan peraturan menteri, sehingga masalah biaya tidak bisa direkayasa. Kalaupun seandainya biaya akan dinaikkan, itu tidak mungkin karena semua pembayaran melalui mekanisme bank.

Biaya bisa lebih mahal apabila dalam pengurusannya masyarakat melalui orang ketiga atau biro jasa. Karena yang namanya jasa, pasti ingin mencari keuntungan.

Oleh sebab itu, kita mengimbau kepada masyarakat --baik dalam pengurusan pajak dan lain sebagainya-- diharapkan untuk mengurus sendiri. Sistem pelayanan kita sudah sangat memudahkan wajib pajak, termasuk pelayanan melalui Samsat Corner. Terimakasih.



Kompol Samsul Bahri Sitepu
Kasi STNK Ditlantas Polda Kalbar

Penulis: Susilawati
Editor: Marlen Sitinjak
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
7042 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas