Senin, 24 November 2014
Tribun Pontianak

Ciri Kosmetik Berbahan Berbahaya

Rabu, 26 Oktober 2011 09:24 WIB

Ciri Kosmetik Berbahan Berbahaya
Ilustrasi
ASSALAMUALAIKUM Tribun, tolong jelaskan dong ciri-ciri kosmetik berbahan Merkuri dan berbahan bahaya lainnya. Terimakasih, ya Bun aku makin sayang kamu.
08125635xxx

Jawab:
Lima Langkah Cerdas

KONSUMEN
memang harus jeli memilih produk kosmetik yang beredar, karena masih ditemukan produk mengandung Merkuri dan bahan berbahaya lain.

Untuk mengetahui produk mengandung bahan berbahaya atau tidak, memang tak bisa dilihat kasat mata. Harus dibuktikan melalui uji laboratorium. Kendati demikian, ada lima langkah cerdas yang dapat dilakukan konsumen memilih produk kosmetik, antara lain:

  • Kemasan. Kenali kemasan kosmetik. Jangan beli kosmetik yang kemasannya jelek atau rusak, baik fisik maupun isinya. Produk yang masih baik punya bentuk dan warna merata serta tanpa bercak kotoran.
  • Label. Pastikan label tercantum jelas dan lengkap. Setiap kosmetik wajib mencantumkan label yang benar, meliputi nama produk, nomor izin edar, kode produksi, nama dan alamat produsen, netto dan komposisi, batas kadaluwarsa. Selain itu, mencantumkan kegunaan dan cara penggunaan dalam Bahasa Indonesia, kecuali produk yang sudah jelas cara penggunaannya.
  • Izin Edar. Konsumen dapat melihat, apakah kosmetik memiliki nomor izin edar dari BPOM atau tidak.
  • Kegunaan dan Cara Penggunaan. Pilihlah kosmetik sesuai kebutuhan Anda, bukan karena iklan semata. Baca dulu kegunaan dan cara penggunaannya di labelnya.
  • Kadaluarsa. Teliti waktu kadaluarsa atau tanggal produksi, sebelum beli. Kosmetik dengan kesetabilan kurang dari 30 bulan, wajib mencantumkan batas kadaluarsa, minimal dalam bulan dan tahun. Kosmetik dengan kestabilan lebih 30 bulan, boleh tak mencantumkan batas kadaluarsa. Terimakasih

Marry Oktavina D SSi Apt
Kasi Layanan Informasi Konsumen BBPOM Pontianak

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas