A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Pangan Lokal Jadi Masakan Inovatif - Tribun Pontianak
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 31 Agustus 2014
Tribun Pontianak

Pangan Lokal Jadi Masakan Inovatif

Kamis, 16 Juni 2011 20:26 WIB
Oleh : Istri Handayani
Ketua Dewan Juri Lomba Menu 3B+A



TIGA kecamatan berhasil meraih juara pada Lomba Masak dengan Menu Beragam, Bergizi dan Berimbang dan Aman (3B +A). Lomba ini diselenggarakan oleh Kantor Penyuluh Pertanian Perikanan Kehutanan dan Ketahanan Pangan (P3K2P) Kota Singkawang, Rabu (15/06/2011).

Kecamatan yang berhasil meraih juara itu adalah Singkawang Selatan untuk kategori pemanfaatan pangan lokal dan penganekaragaman menu. Kemudian Singkawang Utara juara kategori kreativitas dan tata saji.

Sedangkan Singkawang  Tengah meraih juara kategori pengembangan resep pangan lokal dan kelayakan indeks.

Saya sebagai Ketua Dewan Juri, menilai bahwa para peserta, pada umumnya sudah mampu menghasilkan masakan yang inovatif. Mereka memilih bahan pangan lokal dan memodifikasinya menjadi sajian menarik.

Sepantasnya kita beri apresiasi kepada para peserta, dengan waktu yang sangat singkat, mampu menyajikan hasil optimal. Semoga mereka mampu mengikuti lomba di tingkat Provinsi Kalbar, dengan karya membanggakan.

Kepala Kantor P3K2PKota Singkawang, Ir H Winarto sebenarnya berharap semua kecamatan di Kota Singkawang ini mengikuti lomba masak itu. Tapi dari lima kecamatan yang ada, ternyata hanya tiga kecamatan saja yang berpartisipasi pada Lomba Masak Menu 3B+A ini. 

Winarto menjelaskan, lomba di tingkat Kota Singkawang itu juga sebagai persiapan bagi peserta Kota Singkawang pada lomba tingkat provinsi. Lomba Masak Menu 3B+A tingkat Provinsi Kalbar diselenggarakan  pada 4-7 Juli 2011 di Kabupaten Kayong Utara.

Sementara Kasi Ketahanan Pangan Kantor P3K2P Kota Singkawang, Awang Ahmadin menjelaskan, bahan pangan hewani yang boleh dipilih oleh peserta pada lomba tahun ini ada sepuluh jenis, yaitu bandeng, paten, lele, ikan mas, gurami, nila, tuna, udang, kakap/kerapu dan rumput laut.

Menu yang disajikan biasa diterapkan di keluarga sehari-hari, dengan jumlah sesuai kebutuhan keluarga. Komposisi keluarga juga sudah ditetapkan, terdiri dari satu orang ayah usia produktif, ibu hamil, dan balita satu orang. 

Peserta wajib menyerahkan menu dan resep untuk tiga hari, terdiri dari makan pagi, siang, malam dan selingan. Juga menyerahkan profil pangan lokal yang digunakan dalam resep, meliputi jumlah produksi dan ketersediaannya serta pemanfaatan dalam konsumsi sehari-hari.

Dari tiga menu yang diserahkan, peserta wajib menyajikan satu menu sehari pada saat lomba. Indeks atau biaya maksimal menu yang disajikan sebesar Rp 50 ribu.
Penulis: M Arief Pramono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
959 articles 10 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas