Jangan Pekerjakan Anak di Bawah 18 Tahun

Kepala Dissosnakertrans Sambas, Arsyad, mengimbau agar perusahaan yang ada di Kabupaten Sambas tidak memperkejakan anak di bawah 18 tahun.

Jangan Pekerjakan Anak di Bawah 18 Tahun
net
Ilustrasi pekerja anak
SAMBAS, Tribunpontianak.co.id - Kepala Dissosnakertrans Sambas, Arsyad, mengimbau agar perusahaan yang ada di Kabupaten Sambas tidak memperkejakan anak di bawah umur.

"Menurut aturan perundang-undangan sudah jelas, anak di bawah umur tidak boleh dipekerjakan," ujar Arsyad kepada Tribun Pontianak, Senin (6/6/2011).

Menurutnya, aturan perundangan sesuai UU Nomor 7 Tahun 1981 tentang wajib lapor perusahaan dan UU Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan.

Kabid Hubungan Industrial dan Pengawasan Disosnakertrans Sambas, Syardi, menjelaskan, anak di bawah umur yang dimaksud adalah yang belum berusia 18 tahun.

"Namun bisa saja diperkerjakan sesuai aturan dan ketentuan yang diatur undang-undang, di antaranya mengatur tentang jam kerjanya, dan harus di bawah pengawasan," katanya.

Syardi menambahkan, kalau anak di bawah umur diperkerjakan, perusahaan akan kesulitan untuk membuat kartu Jamsostek dan lainnya.

Ikuti kami di
Editor: Leo Prima
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help